optik keliling TIKLING lagi menjamur

kacamata… pasti pada tau semua, dan sudah pada sering liat kan… atau jangan jangan anda ini salah satu pengguna kacamata ini…??? bisa jadi…

Akhir akhir ini kota makassar rasanya mulai dipenuhi oleh penjual kacamata keliling, atau biasa disebut optik keliling TIKLING baik itu yang datang ke kantor, ke sekolah ataupun bahkan ke rumah rumah. Saya aja udah disamperin 3 kali selama bulan ini, dirumah ama di kantor….

Perlu diketahui bahwa kacamata dengan lensa ukuran itu adalah alat kesehatan, jadi untuk pengukuran dan pembuatannya harus sesuai dengan aturan dan standart kesehatan yang berlaku, ada undang undangnya loh…!!! sedangkan kacamata pelindung “sunglass” itu tidak termasuk… so ga ada masalah mau di beli dimana saja, mulai dari emperan kaki lima hingga mall super keren juga ga masalah, tergantung kemampuan lah.

Bisnis kacamata ini memang cukup menjanjikan dengan profit yang cukup besar, sehingga banyak orang yang ingin menekuninya. Bahkan orang yang tidak memiliki dasar pengetahuan optik sekalipun, yang hanya tertarik dengan uang (kita sebut saja orang yang tidak bertanggung jawab)

Dan untuk pemeriksaan ukuran mata itu sendiri, ada tenaga kesehatan khusus yang disiapkan, yaitu RO atau Refraksionis Optisien yang telah didikik secara formal dengan jenjang D3. Ada undang-undangnya juga ini…

Adapun alat standart yang pasti digunakan untuk pemeriksaan mata itu adalah kedua alat di bawah ini, yaitu trial lens set dan objek snellen chart. jadi bila anda tidak diperiksakan dengan kedua alat ini atau sejenisnya, maka dapat dipastikan anda telah di TEEPU… hahahhah

Dimana pemeriksaan mata itu dilakukan dengan jarak 5 atau 6 meter, atau 3 meter dengan cermin antara pemeriksa dengan objek huruf ataupun gambar. Pemeriksaanya dimulai dengan pemeriksaan pengelihatan jauh secara bergantian antara mata kiri dan mata kanan. Ukuran mata kiri dan kanan pun tidak harus sama.

snellen test

Banyak orang yang tidak mempermasalahkan ini, tapi banyak juga yang menjadikan ini sebuah masalah besar untuk dirinya, terutama para customernya yang tidak kunjung melihat dengan jelas, malah pusing dan mual setelah memakai kacamata yang dibelinya tersebut. Mau complain eh, abang TIKLINGNYA ilang dah ga pernah nongol (kan dah dapat duit), ditelpon ga diangkat, mau disamperin alamatnya palsuuuu….

tips agar anda tidak tertipu oleh oknum optik keliling palsu

  1. Mintalah agar dapat ditunjukkan SURAT IZIN OPTIK yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan
  2. Tanyakan alamat jelas dan no kontak yang bisa dihubungi
  3. Pastikan anda diperiksa oleh seorang RO dengan meminta menunjukkan ijazah RO nya
  4. Sebaiknya memeriksakan mata itu langsung ke rumah sakit, klinik ataupun optik resmi dan membeli kacamata di optik optik resmi, atau optik yang dapat menunjukkan IZIN nya

walaupun menurut survey bahwa hampir 90% dari optik keliling bahkan optik optik yang ada dimakassar ini adalah ILEGAL, atau tidak memilii izin resmi dari DINKES dan memiliki tenaga RO.

pesan aja yah, kita jadi pembeli harus pinter pinter…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s